Tips Sehat Bagi Ibu Menyusui

Tips Sehat Bagi Ibu Menyusui

Tips Sehat Bagi Ibu Menyusui

Lakukan ini agar tetap sehat saat menyusui!
Tips Sehat Bagi Ibu Menyusui
Fase menyusui merupakan sesutu yang sangat penting bagi ibu maupun bayi. ASI adalah nutrisi terbaik bagi bayi. Setidaknya berikan ASI ekslusif pada bayi selama dua tahun. Harapannya adalah agar sang bayi memiliki imunitas yang kuat dan sehat. Menjaga kesehatan ibu dan kulaitas ASI sangat penting. Namun sayang tak sedikit ibu-ibu menyusui yang kurang memperhatikan asupan nutrisinya. Kadang kala mereka hanya mementingkan asal kenyang. Hal tersebut dapat menimbulkan masalah kesehatan bagi sang ibu maupun bayinya. Peting sekali mengetahui dan melakukan tips sehat bagi ibu menyusui. 
Lakukan tips sehat bagi ibu menyusui berikut ini agar tetap sehat dan bugar!
Konsumsi makanan sehat dan bergizi
Beberapa makanan bisa jadi pilihan ideal untuk mencukupi kebutuhan nutrisi ibu dan bayi, seperti : 
Gandum utuh dan nasi merah untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat. Kandungan asam folat pada gandum sangat baik bagi ibu dan bayi. Sementara beras merah mampu menyediakan kalori untuk memproduksi kualitas ASI yang baik.
Kebutuhan protein bisa didapat dengan mengonsumsi telur atau daging.  Kandungan vitamin D pada telur dapat berperan sebagai pembentuk tulang bayi. 
Selain itu, ikan juga sangat baik untuk memenuhi kebutuhan protein. Sebaiknya konsumsi ikan minimal dua porsi dalam seminggu dan pilihlah ikan salmon karena kaya akan DHA.
Sayur dan buah juga penting bagi ibu dan bayi. Kandungan serat dalam sayur dan buah sangat baik untuk sistem pencernaan ibu menyusui.
Menjaga cairan tubuh
Minumlah air putih secara teratur dan tidak harus menunggu haus terlebih dahulu. Mencukupi asupan air putih dapat menjaga metabolisme tubuh. 
Minum susu 
Minum susu adalah tips sehat bagi ibu menyususi yang direkomendasikan para pakar kesehatan. Susu kaya akan kalsium, vitamin D, vitamin B, dan juga protein dapat memenuhi asupan nutrisi ibu dan bayi.
Cukup istirahat 
Manfaatkanlah waktu luang yang ada untuk istirahat dan tidur walaupun hanya beberapa menit. Tidak tercukupinya kebutuhan istirahat/tidur dapat mengganggu proses produksi ASI. Selain itu akan menyebabkan ibu menjadi lesu bahkan bisa jatuh sakit.
Jauhi kafein 
Ibu menyusui sebaiknya menjauhi kafein. Konsumsi kafein berlebihan selama proses menyusui dapat menyebabkan tingginya kandungan kafein dalam air susu yang berakibat terganggunya sistem pencernaan bayi. Kafein terdapat pada kopi, minuman ringan, teh dan juga coklat.
Olah raga
Tetaplah berolah raga disela-sela waktu senggang seperti joging. Jangan melakukan olah raga berat dulu karena kondisi fisik setelah melahirkan umumnya belum prima. Jalan-jalan di sekitar kompleks bersama pasangan dan buah hati bisa menjadi pilihan mengasyikan. Hiruplah udara segar agar badan bugar dan nyaman. Kegiatan tersebut juga bermanfaat dalam mengusir rasa bosan atau jenuh akibat seharian berada di dalam rumah. 
Demikianlah rekomendasi tips sehat bagi ibu menyususi yang mudah dilakukan. Berkomitmen untuk selalu menjaga kesehatan merupakan langkah awal yang baik.

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Advertiser