Tips Hidup Sehat Ala Rasulullah

Tips Hidup Sehat Ala Rasulullah

Tips Hidup Sehat Ala Rasulullah


foto : radarislam.com
Tulisan saya kali ini akan mengangkat topik  tips hidup sehat ala Rasulullah. Sobat PR! Sebagai seorang muslim pastinya kita tahu dong kalau pada diri Rasulullah itu terdapat contoh yang baik bagi kita. Dari semua sisi kehidupannya merupakan tuntunan bagi kita. Salah satunya beliau mengajarkan kepada kita cara hidup sehat.
Rasulullah sangat menjaga kesehatan tubuhnya.  Cara hidup sehat yang beliau terapkan terbukti efektif. Tercatat dalam sejarah, selama hidupnya Rasulullah hanya mengalami sakit dua kali yaitu ketika diracun oleh wanita yahudi dan ketika menjelang wafatnya. Rasulullah memiliki fisik yang sehat dan daya tahan tubuh sangat luar biasa. Padahal sobat PR tahu sendiri bagaimana cuaca jazirah Arab yang sangat panas, tandus dan kurang bersahabat. So bagaimana tips hidup sehat ala Rasulullah ?
Tips hidup sehat ala Rasulullah
1.      Menjaga Emosi
Menjaga emosi sangatlah penting. Seseorang yang mampu mengendalikan keseimbangan emosinya dengan baik maka ia akan hidup lebih tenang dan tidak akan mudah terserang penyakit. “Jangan marah”,  kalimat itu diulang sampai 3 kali oleh Rasulullah. Hal ini memberikan pelajaran bagi kita bahwa hakikat kekuatan seseorang tidak terletak pada fisik, namun pada kebersihan jiwa. 
2.      Olah Raga
Olah raga sangat baik dalam menjaga kesehatan tubuh. Rutinlah berolah raga secara teratur minimal 20 menit setiap hari. Rasulullah merupakan sosok yang senang berolahraga, tak jarang beliau mengajak istrinya Aisyah RA berlomba lari. Beliaupun menganjurkan agar anak-anak dilatih menunggang kuda, memanah dan berenang.
3.      Tidur lebih cepat dan bangun lebih awal
Kita membutuhkan waktu untuk istirahat guna memulihkan kembali kondisi tubuh yang lelah agar segar kembali. Rasulullah tidak menganjurkan umatnya untuk begadang karena hl-hal yang tidak bermanfaat.  Beliau akan cepat tidur jika sudah waktunya dan bangun pada sepertiga malam terakhir atau sekitar jam 03.00 untuk qiyamullail.
4.      Senantiasa mengonsumsi yang halal dan baik
Makanan dan minumah merupakan zat yang sangat penting bagi tubuh kita. Agar mampu bertahan hidup dan beribadah secara optimal, kita membutuhkan makanan dan minuman. Makanan dan minuman yang dikonsumsi adalah makanan dan minuman yang halal dan baik.
5.      Tidak berlebihan
“Makan dan minumlah, tapi jangan berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan”. (QS. AlA’raf, 7:31)
Walaupun makan itu halal dan kita mendapatkannya dengan cara yang halal tetapi bukan berarti kita bisa seenaknya. Dalam hal ini, Rasulullah menuntun kita agar makan ketika belum lapar dan berhenti selagi belum kenyang.
6.      Menjaga kebersihan
Rasulullah merupakan pribadi yang bersih dan rapi. Beliau suka mencukur rambut halus di pipi, memotong kuku, serta memakai minyak wangi pada hari kamis atau jumat. Beliau pun sangat menjaga kebersihan mulut dan gigi dengan bersiwak. Dari hasil penelitian terbaru menyebutkan bahwa kayu siwak memiliki kandungan mineral alami yang berfungsi untuk menjaga kesehatn gigi dan gusi.
7.      Menjaga pola makan
Pagi hari biasanya Rasulullah mengonsumsi segelas air yang dicampur satu sendok madu asli. Madu mengandung khasiat yang luar biasa untuk mengobati berbagai macam penyakit. Dilihat dari perspektif ilmu kedokteran madu sangat bermanfaat untuk membersihkan lambung, menyembuhkan sembelit, wasir, mengaktifkan usus-usus dan peradangan.
Menjelang siang atau masuk waktu dhuha beliau senantiasa memakan tujuh butir kurma yang sudah matang (ajwa’) 
Pada sore hari, Rasulullah suka mengonsumsi roti yang diolesi cuka dan minyak zaitun. Banyak manfaat yang terkandung di dalam cuka dan jaitun diantaranya mampu mencegah kanker dan menghancurkan kolesterol.
Pada malam hari Rasulullah SAW suka makan sayur-sayuran. Dalam beberapa hadits disebutkan bahwa Rasulullah selalu mengonsumsi sanal al-makki dan sanut. Kedua kata tersebut dalam kamus bahasa arab bermakna sayuran dan lalapan.
Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa sayuran mengandung banyak sekali manfaat bagi tubuh kita. Oleh karena itu sebaiknya sayuran menjadi menu yang kita konsumsi sehari-hari.
8.      Berpuasa
Selain puasa wajib, Rasulullah juga senantiasa melakukan puasa sunah seperti puasa sunah senin dan kamis. Ditinjau dari perspektif kesehatan puasa memiliki banyak manfaat diantaranya dapat menyembuhkan penyakit hipertensi, diabetes, saluran pernafasan, jantung, pengerasan arteri, kanker dan lain-lain.
9.      Bersosialisasi
Sobat PR tentu sudah tahu bahwa Rasulullah memiliki banyak sahabat. Beliau senantiasa menjaga hubungan secara baik dengan kerabat, sahabat dan tetanggga. Usut punya usut, dalam penelitaian yang dilakukan oleh Harvard School of Public Health menemukan bahwa laki-laki berusia 70-an tahun yang mempunyai hubungan sosial yang baik memiliki kemungkinan lebih kecil untuk mengalami kerusakan atau penyakit jantung.
Jadi bersosialisasi juga merupakan salah satu tips hidup sehat ala Rasulullah yang patut kita tiru.
Nah itulah sobat PR tips hidup sehat ala Rasulullah yang dapat saya share.
Wallahu ‘alam bishawab.
Dari berbagai sumber




Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

1 comment

wihh nice info
kunjung balik, di web kami banyak penawaran dan tips tentang kesehatan
Obat Asam Lambung
Golden Gamat
Golden Gamat

Balas

Advertiser