Pola Asuh Anak Anti Stress Dan Marah-marah

Pola Asuh Anak Anti Stress Dan Marah-marah

Pola Asuh Anak Anti Stress Dan Marah-marah

foto : baiturahmannews
By: Ummu Zaahidah
Bagaimana pola asuh anak yang tidak menimbulkan stress dan marah-marah?
Moment pagi merupakan waktu yang rentan untuk para emak yang galau dengan seabrek aktivitas. Dari mulai membangunkan anak subuh, menyiapkan sarapan, menyiapkan perlengkapan sekolah anak. Terlebih lagi punya anak yg masih batita, kerasa banget bagaimana nuansa bad mood-nya. Sebenarnya simple saja, ketika anak mampu diajak kerja sama dan mengetahui standar kegiatan harian yang terprogram, tidak akan membuat kita stress dan ujungnya malah marah-marah. 
Disini perlu memahami benar pola asuh anak anti stress dan marah-marah! 
Namun karena anak bukan robot, terkadang ada saja hal di luar rencana yang tidak terkendali. Tetap fokus kepada sebuah perencanaan, meskipun ada saja aral yang melintang dengan sigap mampu kita kendalikan. Dengan perencanaan yang terarah akan menentukan keberhasilan pola asuh keluarga kita. Meskipun saya pribadi bukan supermom, hanyalah seorang emak dengan segenap keterbatasan yang berusaha sekuat tenaga menjadikan keluarga sebagai superteam.
Baiklah kita mulai pola asuh anak step by step atau bertahap dari mulai standar pagi, standar siang dan standar sore. 
Terkadang anak tidak mudah langsung melaksanakan rutinitas saat kali pertama diingatkan. Standar pagi dengan catatan list yang sudah disepakati bersama. bangun pagi jam 4 or jam 5, shalat subuh, persiapan sekolah dan bla bla bla sesuai dengan schedule yang sudah disepakati. 
Standar siang, pulang sekolah ganti seragam, shalat dzuhur bantu pekerjaan rumah sesuai jadwal, bagi perempuan bantu-bantu pekerjaan emaknya sedangkan laki-laki bisa bantu pekerjaan bapaknya. 
Kemudian standar sore, dari mulai ngaji ke TPA atau Madrasah, jadwal nonton hanya dua jam sehari antara pagi satu jam dan sebelum maghrib satu jam. Bisa juga ditambahkan dengan program main bersama, yang terpenting intensitas kedekatan orang tua dan anak terjalin dan tidak kaku. percuma anak dan orang tua satu rumah 24 jam bertemu tatap muka tapi masing-masing sibuk dengan handphone, tablet or laptop dan komputer karena sebuah kerjaan kantor. 
Inilah menfaat pola asuh anak yang baik agar tidak stress dan marah-marah.
Ketika anak mampu diajak kerja sama, anak mampu diajak berencana dan mengetahui hak dan kewajiban yang berlaku dalam sebuah keluarga, maka orang tua tidak akan terlalu “heboh” menyikapi seabrek rutinitas yang dinilai menjemukan karena tanpa arahan dan perencanaan yang jelas. 
Mudah-mudahan artikel dengan judul “Pola Asuh Anak Anti Stress Dan Marah-marah” ini bisa membantu meminimalisir stress dan anti marah-marah. Mudah-mudahan bermanfaat. 
“Repot urusan anak di usia dini itu pasti...repot urusan anak di usia dewasa itu pasti...repot urusan anak di negeri Akhirat itu pasti...merugi” ( KIKI Barkiah Guru Kecilku).

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Advertiser