Cara Cepat Mencari Jodoh Menurut Islam

Cara Cepat Mencari Jodoh Menurut Islam

Cara Cepat Mencari Jodoh Menurut Islam


Foto :carijodoh.lihatdisini.com
Cara cepat mencari jodoh menurut Islam merupakan topik yang menarik untuk kita bahas Jodoh merupakan kehendak dan ketentuan Allah Subhanahu wata’ala yang sudah ditetapkan, akan tetapi berusaha dalam mencari dan menjemput jodoh yang akan menjadi pasangan hidup adalah wajib hukumnya. Setiap pemuda atau pemudi yang sudah siap untuk menikah diharuskan berikhtiyar untuk mendapatkan pasangan hidup yang terbaik.
dan kita diskusikan bersama.
Lalu apa yang perlu dilakukan agar segera mendapatkan jodoh? Berikut ini beberapa cara cepat mencari jodoh menurut Islam.
Pertama, Perbaiki diri kita
Allah Subhanahu Wata’ala berfirman yang Artinya “Perempuan-perempuan yang keji untuk laki-laki yang keji, dan laki-laki yang keji untuk perempuan-perempuan yang keji (pula), sedangkan perempuan-perempuan yang baik untuk laki-laki yang baik, dan laki-laki yang baik untuk perempuan-perempuan ang baik (pula). Mereka itu bersih dari apa yang dutuduhkan orang. Mereka memperoleh ampunan dan rezeki yang mulia (surga)” (Qs. An-Nur; 24: 26)
Ayat ini menunjukan kesucian ‘Aisyah r.a. dan Safwan dari segala tuduhan yang ditujukan kepada mereka. Rasulullah adalah orang yang paling baik, maka perempuan yang baik pula yang menjadi istri beliau.
Jadi, ketika kita mengharapkan jodoh yang shaleh/shalehah maka kita mesti menjadi orang yang shaleh/shalehah juga. Demikianlah maksud ayat tersebut di atas.
Kedua, Berdoa
Setelah kita memperbaiki diri maka berdoalah kepada Allah Subhanahu wata’ala. Jangan sekali-kali kita berputus asa dalam berdoa kepada Allah, yakinlah bahwa sebaik-baik pengabul doa adalah Allah Subahanahu wata’ala.
Sebagai mana dijelaskan dalam sebuah hadist Qudsi:  
"Aku selalu sesuai dengan persangkaan hamba-Ku kepada-Ku. Dan Aku selalu menyertainya ketika ia berdzikir kepada-Ku. Dan jika ia ingat pada-Ku dalam jiwanya, maka Aku pun mengingatnya dalam zat-Ku. Dan jika ia ingat pada-Ku ditempat ramai, Aku pun mengingatnya ditempat ramai yang lebih baik daripadanya. Jika ia mendekat pada-Ku sejengkal, Aku pun mendekat kepadanya sehasta. Jika ia mendekat sehasta, Aku pun mendekat kepadanya satu depa. Dan jika ia datang kepada-Ku dengan berjalan, Aku pun akan datang kepadanya dengan berlari cepat"
Adapun salah satu doa agar mendapat jodoh yang baik terdapat dalam surah Al-Furqan ayat 74 yang artinya “Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami pasangan kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami pemimpin bagi orang-orang yang bertakwa”
Ketiga, Menentukan kriteria
Adakah yang bertanya tentang mengapa jodoh sulit datang? Mungkin salah satunya karena kriteria jodoh kita terlalu ideal. Ideal sih boleh karena tentu kita ingin pasangan yang ekonominya mapan, ganteng rupawan atau cantik mempesona, pangkatnya tinggi, baik keturunannya dan agamanya baik. Keinginan semacam itu sah-sah saja dan boleh-boleh saja akan tetapi jika hal tersebut dijadikan syarat mutlak untuk pasangan hidup kita maka kita telah mempersulit diri sendiri.
Padahal Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasalam mengatakan jika kita tidak dapat memperoleh semuanya itu, maka pilihlah yang agamanya paling baik. Hal itu berarti mungkin saja jodoh kita miskin, tidak mempunyai pangkat, bukan bibit atau keturunan yang baik, akan tetapi kita perlu menerimanya asalkan memiliki agama atau akhlak yang baik. Janganlah kita menghendaki kesempurnaan dari orang lain, sedangkan diri kita tidaklah sesempurna itu.
Keempat, Perbanyaklah Ibadah sunnah
Kita harus yakin bahwa Allah lah sebaik-baik pemberi jodoh, oleh karena itu lebih dekatlah dengan Allah agar jodoh kita cepat datang dan doa kita dikabulkan. Untuk itu kita tidak hanya cukup mengandalkan ibadah wajib saja tetapi perlu ditambah dan ditingkatkan dengan ibadah-ibadah sunnah seperti shalat tahajud, shalat dhuha, shaum senin-kamis atau yang lainnya, infak/shadaqah, tilawah Al-Quran dan lain-lain. Lakukan kegiatan tersebut secara rutin setiap hari agar iman kita semakin kuat dan ketakwaan kita bertambah sehingga doa kita akan semakin besar peluangnya dikabulkan oleh Allah subhanahu wata’ala.
Kelima, Jauhi maksiat
Hal yang tidak kalah pentingnya agar jodoh cepat datang adalah dengan kita menjauhi segala perbuatan maksiat. Karena maksiat yang kita lakukan mungkin saja menjadi penyebab tidak dikabulkannya doa kita selama ini. Jangan sampai kita kena istilah STMJ (shalat terus maksiat jalan). Segeralah bertaubat kepada Allah dari segala kemaksiatan yang pernah kita lakukan.
Keenam, Memperluas pergaulan dengan orang-orang shaleh
Salah satu cara untuk mendapat jodoh adalah dengan memperluas pergaulan, tentu saja pergaulan dengan orang-orang shaleh dengan harapan orang shaleh pula jodoh kita. Dan dengan pergaulan yang luas kita menjadi lebih banyak pilihan karena seringkali jodoh itu datang melalui perantara teman kita. Dengan pergaulan yang luas ibarat seorang nelayan yang sedang menebar jala di lautan agar mendapat ikan yang banyak.
Ketujuh, Mintalah bantuan orang lain
Cara lain agar cepat mendapatkan jodoh adalah meminta bantuan orang lain yang memliki refutasi baik atau shaleh. Orang-orang tersebut bisa saja orang tua, guru ngaji, murabbi, teman, saudara atau yang lainnya. Mintalah bantuan mereka dan katakan apa adanya keinginan kita, tidak usah malu-malu.
Kedelapan, sampaikan secara langsung
Dalam budaya kita, Indonesia mungkin masih tabu atau aneh Jika seorang wanita menyatakan keinginannya untuk menikah kepada laki-laki yang baik akhlaknya. Namun sesungguhnya hal tersebut baik dan islami karena Siti Khadijah sendiri melakukan hal tersebut kepada Muhammad Shalallahu ‘alaihi wasalam melalui perantaranya.
Nah demikianlah pembahasan kita tentang cara cepat mencari jodoh menurut Islam, semoga artikel ini bermanfaat. Semoga kita semua mendapatkan jodoh terbaik yang dipertemukan Allah Subhanahu wata’ala karena sama-sama mencintai-Nya.



Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Advertiser