Tips Membeli Mainan yang Aman untuk Anak

Tips Membeli Mainan yang Aman untuk Anak

Tips Membeli Mainan yang Aman untuk Anak

Tips Membeli Mainan yang Aman untuk Anak

Hati-hati ketika membeli mainan untuk anak. Pandai-pandailah memilah dan memilih agar mainan tersebut tidak berdampak buruk untuk anak. Ada beberapa tips membeli mainan yang aman untuk anak yang sebaiknya dibaca ketika merencanakan membelikan mainan untuk anak.
Saat ini ada jutaan mainan yang beredar di pasaran. Dan setiap tahunnya ratusan mainan baru diproduksi. Dan ada saja kabar tentang anak yang masuk rumah sakit gara-gara mainan mereka.
Aneka ragam permainan bagi anak-anak terus berkembang. Seperti lego, reflika alat-alat transfortasi, fuzzle, barbie dan lian-lain. Tetapi ayah dan bunda harus berhati-hati jika memilih maianan untuk buah hatinya karena tidak semua mainan yang beredar dipasaran aman untuk anak. Banyak beredar mainan yang mengandung bahan kimia berbahaya, bentuk mainan yang tajam sehingga bisa melukai, atau mainan yang bentuknya lebih kecil dari rongga mulut anak sehingga mudah tertelan.
Padahal dunia anak-anak adalah dunia yang sangat menyenangkan. Kegiatan anak-anak dipenuhi kegiatan bermain setiap harinya. Baik ketika sendiri atau berkumpul dengan anak-anak seusianya.  Kita tidak mengharapkan kejadian buruk menimpa kepada anak gara-gara mainannya.
Sebaiknya ayah bunda tahu tips membeli mainan yang aman untuk anak. Untuk itu perhatikan hal-hal berikut sebelum membeli mainan.
1.     Belilah maianan sesuai usia anak. Untuk mengetahui maianan yang akan dibeli cocok atau tidak dengan usia anaka, bisa dibaca pada labelnya. Biasanya pada maianan tersebut tercantum aturan untuk usia berapa tahun.
2.   Untuk anak di bawah 3 tahun sebainya ayah dan bunda membeli mainan yang ukuannya besar, agar tidak dapat ditelan oleh anak. Karena kebiasaan anak pada usia tersebut sering memasukan apa saja kedalam mulutnya termasuk mainan yang sedang ia mainkan.
3.   Jangan membeli mainan yang berbentuk tajam dan berat karena sewaktu-waktu bisa melukai anak.
4.   Sebaiknya ayah dan bunda membeli mainan yang dapat dicuci sehingga kebersihannya dapat terjaga dengan baik.
5.     Jangan membeli mainan yang bertali panjang, kira-kira lebih dari 30 cm, mengapa? Karena dapat melilit leher anak atau teman bermainnya saat dimaiankan. Itu berbahayakan!
6.  Jangan membeli mainan senjata tembakan otomatis karena biasanya senjata seperti ini dapat melukai mata anak atau temannya.
7.  Hindari membeli mainan yang mengandung bahan zat-zat kimia berbahaya. Karena dapat mengganggu tumbuh kembang anak.
8.  Sebaiknya pilihlah mainan edukasi shingga akan dapat bermain sekaligus mengembangkan potensinya. Atau bermain sambil belajar. Tetapi sekali lagi hati-hati kandungan yang ada dalam mainan tersebut, tidak boleh ada bahan kimia berbahaya, tidak mengandung logam timah, dan tidak beracun.
Itulah beberapa tips membeli mainan yang aman untuk anak. Prioritaskan keselamatan anak ketika akan membeli mainan favoritnya. Sebaiknya jangan menyerahkan kepada anak untuk memilih mainan yang akan dibeli jika anak belum bisa memilih mainan yang aman dan baik untuk diri mereka sendiri. Ayah bunda tentu tahu, mengenal dan memahami anaknya dari pada orang lain.
Setelah selesai membeli mainan yang aman untuk anak, sebaiknya ayah bunda menjelaskan kepada anak cara untuk memainkan atau menggunakannya. Hal yang penting juga adalah mengawasi saat anak-anak kita sedang bermain. Bahkan jika perlu ayah bunda ikut terlibat bersama anak.

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Advertiser