Tips Badan Sehat dan Bugar di Saat Puasa

Tips Badan Sehat dan Bugar di Saat Puasa

Tips Badan Sehat dan Bugar di Saat Puasa

Pembahasan tentang tips badan sehat dan bugar di saat puasa telah banyak, namun tidak lah salah jika saya mencoba menulis intisarinya. 
Memasuki bulan ramadahn biasanya kita akan melihat orang-orang dengan badan yang lemas disiang hari dan aktivitas pun menjadi kurang optimal. Penomena lain adalah banyak dari umat muslim yang melaksanakan puasa justru mengalami masalah, misalnya karena buka terlalu berlebihan sehingga berat badan terus merangkak naik, atau masalah gangguan pencernaan. Walau pun disiang hari perut kosong tapi pada malam hari perut berjejal dengan berbagai makanan dan minuman yang memang sudah dipersiapkan siang hari atau memang sengaja mendadak dibeli. Kedaaan tersebut diperparah dengan kurangnya aktivitas pada saat puasa. 
Sebagai seorang muslim menjalankan ibadah puasa hendaknya bukanlah menjadi halangan untuk tetap eksis dalam ativitas sehari-hari. Puasa hendaknya menjadikan tubuh kita sehat dan bugar. Lalu bagaimana tips agar badan sehat dan bugar disaat puasa? Tips agar badan sehat dan bugar di saat puasa, diantaranya : 

Disaat Buka Puasa 
Waktu berbuka puasa merupakan saat-saat yang dinantikan. Berbuka merupakan momentum yang paling indah yang penuh dengan kenikmatan bagi orang yang puasa ramadhan. Namun sayang, sebagian orang berbuka puasa dijadikan ajang balas dendam setelah seharian tidak makan dan minum. Berbagai makanan dan minuman dikonsumsi tanpa mempedulikan efeknya bagi kesehatan tubuh. Sebaiknya agar tubuh tetap sehat dan bugar disaat berpauasa hendaknya perhatikan bebrapa hal berikut : 
  • Berbukalah dengan makanan dan minuman yang hahal. Ini sangat pening untuk menjaga kesehatan badan dan jiwa. 
  • Berbukalah dengan air putih dan yang manis-manis, lebih baik kalau dengan kurma. Sebaiknya tidak langsung makan nasi dan teman-temannya tetapi shalat magriblah dulu. 
  • Makanlah dengan sewajarnya saja. Hindari makan berlebih-lebihan dan lakukanlah dengan cara pelan-pelan agar dapat dicerna dengan baik. Lakukan pengunyahan makanan secara baik.
  • Untuk melancarkan pencernaan dan sebagai asupan vitamin dan nutrisi sebaiknya makan buah-buahan atau minum jus buah. 
  • Kurangi makanan yang mengandung minyak dan lemak seperti goreng-gorengan. Sabaiknya anda memasak makanan dengan teknik direbus atau dikukus. 
  • Minumlah air putih sesuai anjuran (8-10 gelas) dari mulai berbuka dan juga sahur. 
  • Usahakan menu makanan saat berbuka memenuhi kriteria 4 sehat 5 sempurna. 
  • Berhenti merokok. Merokok merupakan penyakit kronis sebagian laki-laki, bahkan mungkin perempuan. Nah di bulan ramadhan yang baik ini sebaiknya kita bertekad untuk berhenti merokok sehingga badan menjadi sehat dan bugar.
Disaat Sahur 
  • Usahakan untuk mengakhirkan saur. 
  • Makan makanan yang hahal tentunya dan sehat. Sebaiknya hindari fast food atau makanan yang mengandung minyak. 
  • Sajikan menu yang mengandung air banyak atau minumlah jus buah untuk menjaga tubuh agar tidak dehidrasi saat puasa. 
  • Sebaiknya minum susu. Karena susu bisa mencegah anemia saat berpuasa dan tubuh akan fit, sehingga aktivitas kita tetap lancar dan optimal. 
  • Dan setelah sahur atau setelah shalat subuh usahakan jangan tidur karena akan membuat tubuh kita menjadi malas untuk beraktivitas. Jalan-jalan atau bersepeda keliling komplek akan membuat badan menjadi bugar. 
Betapa nikmatnya jika dalam beribadah puasa badan kita sehat dan bugar. Pekerjaan kita pun dapat diselesaikan dengan baik. Demikianlah tips agar badan sehat dan bugar disaat puasa. Semoga artikel pendek ini bermanfaat.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Advertiser