Memilih Sekolah Yang Baik Untuk Tumbuh Kembang Anak

Memilih Sekolah Yang Baik Untuk Tumbuh Kembang Anak

Memilih Sekolah Yang Baik Untuk Tumbuh Kembang Anak


Memilih sekolah yang baik untuk tumbuh kembang anak bukan perkara sepele. Perlu pertimbangan matang dalam menentukan sekolah yang akan menjadi tempat belajar anak-anak  kita. Sebagai orang tua tentu tidak ingin sembarangan dalam mencari sekolah untuk anak. Masalahnya memilih sekolah yang baik untuk tumbuh kembang anak terutama TK dan Sekolah Dasar (SD dan SMP) merupakan investasi untuk masa depan anak.
Dewasa ini memilih sekolah yang baik untuk tumbuh kembang anak  tidaklah terlalu sulit. Berbagai pilihan yang beragam ada di hadapan kita. Namun saat sekarang pilihannya bukan soal jarak dari rumah ke sekolah atau besarnya biaya. Walaupun hal tersebut patut jadi pertimbangan. Yang terpenting adalah apakah sekolah tersebut memiliki budaya sekolah yang baik sebagai tempat belajar anak? Sehingga tumbuh kembang anak menjadi optimal.
Dan saat ini kita tidak lagi hanya mendengar sekolah negeri atau swasta. Dari tahun ketahun kian beragam sekolah yang bermunculan. Ada sekolah unggulan, sekolah internasional, sekolah asrama, sekolah berbasis agama, sekolah alam, sekolah bilingual atau kombinasi dari beberapa model sekolah tersebut. Lalu mana yang harus dipilih?
Dalam memilih sekolah yang baik untuk tumbuh kembang anak, perlu para orang tua pertimbangkan beberapa hal berikut diantaranya:
1.       Kebutuhan Anak
Kenalilah kebutuhan anak kita dan pilihlah sekolah yang akan membuat anak-anak belajar dengan menyenangkan dan tidak stres sehingga tumbuh kembang buah hati kita menjadi optimal sesuai harapan. Kalau perlu ajak diskusi anak dalam menentukan pilihan sekolahnya. Dikutif dari kompas.com, kak Seto mengingatkan para orang tua agar tidak mudah terbujuk oleh promosi program unggulan ini dan itu disuatu sekolah. Para orang tua harus mengedepankan prinsip bahwa sekolah untuk anak bukan anak untuk sekolah. 
2.       Usia dan Kematangan Anak
Pertimbangkanlah umur anak, apakah sudah memerlukan pendidikan formal atau belum. Jangan paksakan anak untuk bersekolah jika usianya belum cukup. Kalau perlu lakukan psikotes untuk mengetahui kesiapan dan kematangan anak dalam bersekolah. Biasanya di sekolah swasta yang baik seperti TKIT, SDIT atau SMP IT sudah disediakan fasilitas psikotes dan wawancara sebelum anak dinyatakan diterima atau tidak. Hal ini dilakukan untuk mengetahui kesiapan dan kematangan anak dalam mengikuti sekolah nantinya.
3.       Visi dan Misi sekolah
Para orang tua sebaiknya memahami visi dan misi sekolah. Karena akan berkaitan dengan kurikulum di sekolah tersebut. Pilihlah sekolah dengan visi dan misi yang sesuai dengan pandangan pendidikan dan harapan orang tua.
4.       Kualitas Guru
Alangkah baiknya jika para orang tua sebelum memasukan anaknya ke sekolah tertentu memperhatikan guru-guru yang ada di sekolah itu. Bukan hanya kualitas profesionalny saja tapi juga kepribadiannya. Ini penting sekali karena  seorang guru yang berkualitas dan berkepribadian baik akan mampu menerima setiap anak didik apa adanya. Ia akan membimbing anak didiknya dengan cinta dan perhatian yang tulus bukan hanya sekedar menunaikan kewajiban profesi. Guru yang baik akan menanamkan penilain diri yang baik pada anak. Guru yang baik akan mendorong anak didiknya untuk bisa dan bangga dengan kemampuannya.  
5.       Kondisi dan Lingkungan Sekolah
Untuk menegthui kondisi dan lingkungan suatu sekolah para orang tua sebaiknya berkeliling masuk ke dalam sekolah tersebut. Lihat apakah sekolah tersebut cukup aman dan nyaman untuk anak-anak belajar? Apakah pengaturan kelasnya juga menunjang untuk anak berinteraksi dengan baik? Dan apakah sekolah membiarkan para pedagang secara bebas berjualan atau sekolah tersebut memiliki kantin sendiri atau anak-anak dianjurkan membawa bekal dari rumah?  Perhatikan pula budaya yang ditanamkan di sekolah tersebut. Seperti kedisiplinan, tanggung jawab, kejujuran, kerjasama, saling menghargai dan sopan santun.
6.       Sarana dan Prasarana
Sarana dan prasarana yang ada di suatu sekolah juga perlu dipertimbangkan. Sarana dan prasarana yang lengkap dan bagus ditambah manageman pengelolaanya yang baik akan menunjang gairah belajar anak. Anak akan semakin tertantang untuk belajar. Dan yang paling utama adalah untuk menunjang belajar anak yang kreatif, inovatif dan menyenangkan.
7.       Jarak dan Biaya Sekolah
Yang tidak kalah pentingnya juga adalah mempertimbangkan jarak antara rumah dan sekolah. Jika harus ditempuh dengan cara pulang pergi sebaiknya pertimbangkan jarak jangan sampai terlalu jauh sehingga anak akan capek di jalan dan tidak bergairah belajar ketika datang ke sekolah.
Dan pertimbangkan biaya yang harus dikeluarkan setiap bulannya untuk membiayai sekolah buah hati ibu dan bapak. Pastikan bahwa sekolah tersebut merupakan sekolah yang dengan biaya terjangkau oleh  kondisi keuangan keluarga anda.
Karena persoalannya sekarang adalah bukan mahal atau tidak tetapi seberapa besar sekolah tersebut akan memberikan dampak bagi tumbuh kembang anak. baik perkembangan kecerdasan kognitifnya, kecerdasan emosionalnya dan juga kecerdasan spritualnya.
Demikian beberapa hal yang perlu dipertimbangkan oleh apra orang tua dalam memilih sekolah yang baik untuk tumbuh kembang anak.  semoga artikel singkat ini bermanfaat.







Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Advertiser